Kejadian mengenaskan menimpa RH(11) yang saat ini berada di ruang rawat Kemuning Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Seluruh wajah RH terlilit perban putih. Hanya menyisakan bagian mata kanan dan mulut yang terbuka.

RH mengalami luka bakar serius di seluruh wajahnya. Bocah kelas V SD Celak, Kabupaten Bandung Barat itu harus menahan sakit usai wajahnya dibenamkan ke dalam wajan berisi minyak panas oleh nenek tirinya, Kosiah (69) pada 29 September 2017 lalu.

Peristiwa mengenaskan ini menunjukkan bahwa anak tidak mendapatkan keamanan di dalam rumahnya dan anak mengalami kekerasan yang dilakukan oleh orang terdekatnya sendiri.

Perilaku kasar dari nenek tiri sebenarnya sudah sering dilihat warga namun mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Kejadian pembiaran seperti ini nampaknya masih ada dan bisa jadi ini hanya contoh kecil yang terpantau media.

Beranjak dari peristiwa ini, seharusnya pemerintah setempat bertindak untuk melindungi Anak. Ada kecenderungan masyarakat abai terhadap kekerasan yang terjadi pada anak. Seringkali dengan alasan “tidak mau ikut campur urusan orang lain”.

Padahal perlindungan anak seharusnya menjadi tanggung jawab bersama. Masyarakat belum paham bahwa anak di lindungi oleh UU. Harus ada sosialisasi yang lebih gencar terhadap undang-undang perlindungan anak, bahwa anak wajib untuk dilindungi baik oleh keluarga,masyarakat dan pemerintah. Bagaimana Indonesia menjadi negara yang ramah anak sedangkan di tingkat rt saja masyarakat masih melakukan pembiaran terhadap kejadian kekerasan yang menimpa anak.

Terlepas dari persoalan keluarga yang dihadapi, seharusnya anak tidak menjadi korban dari keadaan. Semua pihak baik keluarga, masyarakat dan pemerintah setempat harus peduli dan sigap mengantisipasi kemungkinan terburuk yang menimpa anak.
Rumah harusnya menjadi tempat paling aman bagi anak.

 

Generasi, 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s