Published  on By  

Jakarta, Realitarakyat.com. – Belum lama diungkap oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  tentang kasus baru peredaran narkoba yang dilakukan secara halus melalui kelompok belajar siswa berprestasi.

Dimana mereka diberi air minum yang sebelumnya sudah dicampur dengan zat adiktif. Air putih  yang dihidangkan ini terasa berbeda, yaitu memberikan rasa  menyenangkan hingga akhirnya menimbulkan kecanduan.

Demikian disampaikan Ena Nurjanah, Ketua Ketua Lembaga Generasi pada wartawan di Jakarta, Sabtu (10/3/2018).

Situasi yang penuh edukasi dalam kelompok belajar menurut Ena, ternyata telah menjadi  sasaran empuk bagi para pengedar narkoba. Kepolosan para siswa berprestasi, yang cenderung asyik dengan dunia akademis telah dimanfaatkan oleh para  perusak generasi bangsa.

Kasus itu terbilang modus baru dalam peredaran narkoba. Kejadian seperti ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah. “Sudah berkali-kali kita melihat anak-anak yang menjadi korban narkoba, melalui permen, pil dan lain sebagainya yang menyasar anak-anak sekolah,” ujarnya.

Jika pemerintah serius ingin menghindarkan para pelajar dari ancaman narkoba menurut Ena, maka harus ada program pencegahan dan sekaligus  penanggulangan bahaya narkoba di setiap sekolah.

“BNN harus lebih gencar lagi memberikan penyuluhan yang menyasar siswa di sekolah. Sudah saatnya dibangun sinergitas program yang berkesinambungan antara BNN dengan Kemendikbud. Tujuannya adalah agar semua siswa memiliki pemahaman mengenai bahaya narkoba,” jelas Ena.

Dunia pendidikan melalui Kemendikbud dan seluruh jajaran di bawahnya kata Ena, harus memiliki program yang jelas terencana dan masif terkait program pencegahan, sekaligus penanggulangan bahaya narkoba di lingkungan pendidikan.

KPAI juga tidak cukup hanya menyampaikan fakta yang terjadi dan himbauan saja, namun seharusnya KPAI juga turut mendorong dan melakukan pengawasan terhadap upaya Kemendikbud dan jajaran dinas pendidikan dalam melindungi anak-anak dari bahaya Narkoba.

“Tanpa adanya upaya bersama dari seluruh jajaran pemerintahan akan sulit tercapai upaya melindungi para pelajar dari ancaman bahaya narkoba,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s